Jumat, 14 Juli 2017

9. Cahaya Terang (lagu terakhir ciptaan Sakti Ari Seno bersama Sheila On 7)

Seperti janji saya pada postingan yang ke 8. Yaitu pada penjelasan makna lagu Last Pretence (kepura-puraan terakhir). Saya akan menjelaskan makna lirik lagu Sheila On 7 yang berjudul Cahaya Terang yang merupakan lagu ciptaan terakhir oleh Saktia Ari Seno, dia merupakan personil berposisi gitaris yang keluar selama proses pengerjaan album 507 pada tahun 2006.

Inti makna dari lagu ini adalah Sakti yang menceritakkan alsannya untuk keluar dari Sheila On 7.
Selamat membaca :)

Ketika aku lihat cahaya terang
Aku dapat merasakan kemanakan pergi
Disaat aku pijak dunia luar
Aku yakin semanya akan kenikmati

Pada baris ini, Sakti menceritakan bahwa dia telah melihat 'cahaya terang' (kebenaran akhirat, mendekatkan diri pada Tuhan). Dia ingin pergi menuju kebenaran akhirat tersebut. Dan saat dia keluar dari Sheila On 7 si Sakti yakin bahwa dia akan senang dan baik-baik saja. karena yang dia datangi adalah Tuhan sang pencipta segalanya.

Kalau kalian penggemar berat Shila On 7 kalian pasti tahu alasan Sakti keluar dari Shila On 7 adalah karena dia ingin memperdalam ilmu agama, mendekatkkan diri pada Tuhan dan ikut berdakwah menyebarkan agama tersebut.

Takkan pernah aku takut
Takkan pernah aku sedih
Hadapi semua ini

iya, inilah baris penuh keyakinan bahwa jalan yang dia pilih tidak salah.

Ketika aku lihat cahaya terang
Aku dapat menemukan tujuan hidupku
Hilanglah sudah semua masa laluku
Akan ku lewati semua dengan hal yang baru

Hal yang menarik dari baris lirik ini adalah dua bait terakhir. Hilanglah sudah semua masa laluku, akan ku lewati semua dengan hal yang baru.....

Takkan pernah aku takut
Takkan pernah aku sedih
Hadapi semua ini

Kembali lagi baris penuh keyakinan bahwa jalan yang dia pilih tidak salah.

Aku takkan bisa hidup tanpa dirinya
Aku takan mampu hidup tanpa sentuhannya
Mampu hidup tanpa sentuhannya

Perhatikan kata 'dirinya' dan kata 'sentuhannya'. Menurut kalian kata 'Nya' disana mengarah kemana? Iya, pendapat kalian benar. Itu memang mengarah pada Tuhan, kita tidak akan bisa hidup tanpa Tuhan dan kita tidak akan mampu tanpa sentuhan dari Tuhan......

Takkan pernah aku takut
Takkan pernah aku sedih
Hadapi semua ini...

Kembali lagi baris penuh keyakinan bahwa jalan yang dia pilih tidak salah............

Makna ganda dari lagu ini adalah menceritakan seseorang yang sudah move on dari pasangannya, dan menemukan pasangan yang baru....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar